Monday, October 29, 2018

3 Gunung Tertinggi di Benua Afrika

1. Gunung Kilimanjaro, Tanzania, 5.895 mdpl



gunung kilimanjaro

Gunung yang berada di urutan pertama ini terletak di negara Tanzania, timur laut Tranzylvenia. Ketinggiannya mencapai 5.895 mdpl, menempatkannya di urutan ke-4 dalam barisan gunung tertinggi di dunia yang berdiri sendiri, tanpa menempel dengan pegunungan lain.

Dahulu, Kilimanjaro lebih dikenal dengan nama Kaiser Wilhelm Spitze. Sedangkan, penduduk setempat lebih senang memanggilnya dengan sebutan  Oldoinyo Oibor atau Kilima Dscharo, berarti gunung putih. Sebab, pemandangan di gunung Kilimanjaro didominasi oleh warna putih, warna kesucian.

Meskipun masih memiliki fumarol, yakni lubang yang terletak di dalam kerak bumi, para peneliti mengklaim bahwa Kilimanjaro merupakan gunung api yang tidak aktif terbesar di dunia. Fumarol tersebut beraktifitas mengeluarkan gas melalui kawah yang terdapat di puncak bernama Uhuru.

Orang yang pertama kali mencapai puncaknya adalah Johannes Kinyala Lauwo, seorang Korps Pengintai Angkatan Darat Marangu. Hingga saat ini, pada setiap tahun, setidaknya ada 15 ribu pendaki yang datang untuk menjamahi kegagahannya. Rata-rata, hanya 40% yang berhasil berdiri di atas puncaknya. Tertarikah kamu?.

2. Gunung Kenya, Kenya, 5.199 mdpl


gunung kenya

Saat mendengar namanya, mungkin kamu sudah bisa menebak letak gunung satu ini. Yup, gunung Kenya berada di negara Kenya, tepatnya bagian tengah, 100 mil dari ibukota. Dengan ketinggiannya yang mencapai 5.199 mdpl, Kenya merupakan gunung tertinggi di negaranya dan urutan ke-2 di benua Afrika.

Gunung Kenya memiliki 3 puncak, yakni puncak Lenana (4.985 meter), Nelion (5.188 meter) dan puncak tertinggi, Batian (5.199 meter). Merupakan gunung berapi yang tidak aktif dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Kenya.

Pada gunung ini, kita bisa menemukan Global Atmosphere Watch, yaitu setasiun pemantau atmosfer.

3. Gunung Stanley, Kongo dan Maroko, 5.109 mdpl

Berikutnya, merupakan gunung Stanley yang terletak di perbatasan negara Maroko dan Kongo. Puncak Margherita, yaitu puncak tertinggi gunung Stanley, berada di titik ketinggian 5.109 mdpl. Menjadikannya gunung paling tinggi di dua negara itu.

Nama gunung ini diambil dari nama seorang jurnalis, sekaligus petualang, yaitu Sir Henry Morton Stanley. Pendakian pertamanya dilakukan pada tahun 1906.

Gunung ini berdiri gagah di atas kawasan pegunungan Ruwenzori, salah satu situs warisan dunia UNESCO. Jadi, keindahan dan kemegahan gunung Stanley merupakan satu hal yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Keren!.
gunung stanley

No comments:

Post a Comment